Latah

Latah

Latah, sebuah fenomena yang menarik untuk dibahas. Mengapa? karena ternyata latah hanya ada di Asia Tenggara saja lho…dan umumnya kasus terbanyak berasal dari Indonesia, Malaysia juga Brunei Darussalam. Beberapa penelitian yang telah dilakukan tidak mampu membuktikan apa yang menyebabkan seseorang bisa berubah menjadi latah. Ada yang mengatakan karena adanya kesamaan faktor budaya yang sama diantara rumpun melayu, ada juga yang mengatakan karena faktor psikologis dari penderitanya. Kalau penyebabnya karena adalah kesamaan factor budaya, pertanyaannya mengapa hanya rumpun Melayu saja ya?

Baca juga : Cara Mengatasi Ejekulasi Dini Dengan Hypnosex

Salah satu hal yang menarik, ternyata latah yang terjadi di Indonesia banyak dimiliki oleh mereka yang berasal dari suku Jawa, Sunda dan beberapa dari pulau Sumatra, dimana mayoritasnya dialami oleh wanita. Beberapa kriteria dari latah, diantaranya adalah :

  • Ecolalia : yakni yang meniru suara atau perkataan yang di dengar.
  • Ecopraksia : yakni hampir mirip dengan Ecolalia namun ditambah pula dengan gerakan yang di lihat.
  • Koprolalia : yakni mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas dan bersifat porno.
  • Automatic Obedient : yakni melakukan gerakan spontan berdasarkan perintah yang diberikan.

Saran dari para ahli untuk penyembuhan latah adalah dengan terapi, diantaranya cognitive behavior therapy dan behavior therapy, yakni terapi yang bertujuan untuk memperbaiki pola pikir dan juga kebiasaan. Dimana penderita diminta untuk mengubah perilaku dan juga lebih rileks atau santai untuk meredam timbulnya latah. Namun yang menarik dari beberapa alternatif penyembuhan yang di tawarkan adalah banyak ahli yang menyarankan untuk mengikuti penyembuhan dengan menggunakan Hipnoterapi.

Mengapa Hipnoterapi? Karena di dalamnya mencakup bukan hanya tentang perubahan pola pikir, namun juga perubahan sikap. Latah bisa di kategorikan sebagai perubahan sikap seseorang yang diakibatkan adanya faktor psikologis. Oleh karena itu, dengan pendekatan Hipnoterapi maka penyembuhan yang dilakukan akan menjadi lebih tepat sasaran karena didasari pada aspek pemicu dan penyembuhannya. Ditambah lagi dengan sugesti yang dapat mengarahkan penderitanya agar memiliki pertahanan diriĀ  yang lebih baik jika pemicu hadir kembali.

Pusat Hipnoterapi Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *